Meningkatkan
Eksistensi SMK Dalam Dunia Robotik
Anatta
Sannai
General
Secretary IRTC
International
Robotic Training and Competition
*Generasi
Pemenang
Pendahuluan
Bahwa sesungguhnya masyarakat
Indonesia pada umumnya dan pelajar, dan kaum intelektual pada khususnya memiliki peran dalam perjuangan pembangunan bangsa dan negara yang mencita-citakan kebenaran, keadilan, dan kesejahteraan
yang diridhai Tuhan
Yang Maha Esa.
Kami
mengkhususkan diri dalam menggeluti pendidikan, penataran, pelatihan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Robotika berkewajiban menjalankan perannya dalam mencerdaskan dan memasyarakatkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang Robotika demi
mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa
Indonesia
Sadar akan peran, fungsi, dan kewajibannya sebagai bagian dari anak bangsa, maka kami bertekad untuk belajar, berkarya, dan berjuang dengan dilandasi oleh
rasa pengabdian dan tanggung jawab kepada Tuhan, bangsa, dan negara.
*Latar
Belakang
Kurangnya
peserta lomba robotik dari SMK (pengalaman pribadi)
Sedikit
workshop dari SMK untuk kegiatan robotik
Adanya
kekaguman (pengalaman pribadi) bahwa robot hasil karya siswa SMK adalah buatan
sendiri
Potensi
untuk menjadi juara dalam kompetisi robot di Indonesia sangat besar dimenangkan
oleh siswa SMK
*Noted
: pengalaman pribadi tanpa statistik
*Robot
Kamus
Bahasa Indonesia tidak ada pengertian robot, yang ada hanya kata
Robotika yang
berarti ilmu tentang mesin robot.
Kamus
Oxford diperoleh pengertian robot adalah
A machine capable of carrying out a
complex series of actions automatically, especially one programmed by a computer
yang
artinya :
Sebuah
mesin yang mampu melaksanakan
serangkaian tindakan kompleks secara otomatis, terutama yang diprogram oleh
komputer.
*KOMPONEN DASAR ROBOTIKA
Manipulator
MekanikPenyangga gerakan ( appendage)
Base (pondasi / landasan robot)
Controler
Jantung dari robot untuk
mengontrol (MP, RAM, ROM, Sensor dll).
Power Supply
Sumber tenaga yang dibutuhkan
oleh robot, dapat berupa energi listrik, energi tekanan cairan ( hidrolik ),
atau energi tekanan udara ( Pneumatik ).
End Effector
Untuk memenuhi kebutuhan dari
tugas robot atau si pemakai.
*
Tujuan IRTC
Kegiatan
ini adalah acara untuk ilmu
pengetahuan, teknologi dan pendidikan yang bertujuan untuk menawarkan komunitas
robotik kesempatan untuk memperluas cakrawala mereka dengan merancang dan
membangun model robot dan menjelajahi dunia robot.
IRTC
terbuka lebar bagi keajaiban
sains semua tingkatan sekolah.
*Untuk Mencari solusi untuk masalah
pengembangan robot
*Untuk Menyediakan acara kreatif dalam
sains dan teknologi
*Untuk ilmu pengetahuan dan teknologi
untuk mendorong visi generasi muda
*Untuk memberikan kesempatan untuk
berbagi ide dan membangun persahabatan
KETERAMPILAN
PROMOSI dalam Berkompetisi
Proaktif
pada isu-isu keterampilan dengan
terus-menerus mempengaruhi agenda sekarang.
Aktifkan
jaringan dari mulut ke mulut,
media sosial, acara, dan lainnya.
Jadilah
bagian dari percakapan dalam
pengembangan kebijakan di berbagai
daerah.
Menjadi
otoritas dalam pengembangan
keterampilan dan keunggulan di seluruh dunia sebagai pusat kekuatan dan sumber
informasi.
Bekerja
bersama dengan pendidik, pembuat
kebijakan, industri, dan organisasi lain untuk mendefinisikan kembali nilai dan
meningkatkan daya tarik keterampilan.
Advokasi
kebutuhan, nilai, dan hasil kerja
terampil dan pelatihan profesional untuk orang
muda sehingga industri,
wilayah, dan negara akan berkembang dalam ekonomi global
Sumber
world skill
Pentingnya
kompetisi
Perlunya
Kompetisi keterampilan berlangsung setiap
saat dan merupakan acara pendidikan
kejuruan dan keterampilan yang benar-benar
mencerminkan industri global.
Pesaing
mewakili yang berjenjang dari tingkat sekolah,
kota, provinsi dan nasional dari berbagai daerah.
Mereka
menunjukkan kemampuan teknis baik
secara individu maupun kolektif untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu yang
mereka pelajari dan / atau lakukan.
Salah
satu warisan utama lomba keterampilan adalah memberikan visibilitas dan
pentingnya pendidikan profesional, sebagai salah satu alat transformasi
sosioekonomi yang sesungguhnya.
Kompetisi
ini juga memberikan para pemimpin
di industri, pemerintah dan pendidikan dengan kesempatan untuk bertukar
informasi dan praktik terbaik mengenai industri dan pendidikan profesional.
Ide-ide dan proses baru menginspirasi anak-anak usia sekolah untuk mendedikasikan
diri mereka sendiri untuk karir teknis dan teknologi dan menuju masa depan yang
lebih baik
*KOMPETISI
KETERAMPILAN
Sekolah
Industri
Media
masa
Pemerintah
Bersinergi
membuat business matching program.
Karya
siswa dipamerkan untuk diliput media masa lalu dinilai oleh kalangan industri.
Karya
siswa biasanya berupa prototype lalu diusahakan mendapatkan bantuan finansial
untuk disempurnakan.
*BMP
Lomba
karya cipta kreativitas dan
inovasi di bidang TIK bertajuk Indonesia ICT Award (INAICTA) akan menjadi binaan sejumlah
perusahaan ternama.
"Pemenang
yang mampu menghasilkan aplikasi tertentu dan berguna bagi sebuah perusahaan
akan menjadi binaan perusahaan itu," kata Kepala Bagian Pemasaran MIKTI
(Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia), Zen Rosdy Nur, di Jakarta, Selasa.
Ia
mengatakan, pihaknya sedang terus mengembangkan kerja sama dengan banyak
perusahaan ternama termasuk BUMN
*Kesesuaian
Robotik dan Even World Skill
Mobile Robotics
Mechatronics
Prototype Modelling
Mobile Robotics
*Merancang,
membangun, dan memelihara robot untuk memecahkan masalah di industri dari
manufaktur hingga kedirgantaraan, penambangan hingga obat-obatan
*Banyak
SMK di Indonesia yang punya VEX
*Yg
biasa mengadakan lomba VEX adalah Universitas Maranatha Bandung
*Mechatronics
*Membangun
sistem otomatis untuk industri menggunakan mekanika, elektronik, pneumatik, dan
teknologi komputer.
*Prototype Modelling
*Membuat
prototipe yang memungkinkan
insinyur dan desainer untuk menguji, menilai, dan memodifikasi selama proses
pengembangan produk.
*Event
*https://www.youtube.com/watch?time_continue=110&v=kt1NFu5oh-k
*Dinamika
Lomba Robotik
Penyelenggara
1.Kampus
1.UGM Technocorner
2.ITS IARC
3.UPN FIK fair
4.UI COMFest
2.Sekolah
1.SMANU MHT Jakarta
2.SMAN 28 Jakarta
3.PKP JIS
3.Produsen
1.Fischertechnik IMAGINE
2.LEGO IRO
3.MRT ISEF
4.Lembaga
kursus
1.SARI (jakarta) sekolah robot
indonesia
2.Sekolah robot (surabaya)
3.ROBOTA
4.Mechatron
*Even
lomba menguntungkan ?
financial
financial
*TOC
(thamrin olimpiad cup) Prakiraan
*Kreatif, sumo dan maze solving
*Pemasukan
*150 peserta * pendaftaran 300.000
= 45.000.000
*Sponsor : samsung dll
*Pengeluaran
*Hadiah : 18.000.000
*Juri : 6.000.000
*Perlengkapan :
2.000.000
*Administrasi :
500.000
*Panitia : 0
Selisih
45.000.000 – 26.500.000 = 18.500.000
*Sponsor
acara robotik di Indonesia
*Samsung
Indonesia ingin menciptakan ekosistem teknologi yang mumpuni di tanah air. Tak
melulu di kancah perangkat mobile, tapi juga di ranah robotik dan peralatan
rumah pintar (smarthome appliances). Baru-baru ini, pada 20 hingga 26 Februari
2016, Samsung terlibat dalam penyelenggaraan lomba robotik kreatif pada
rangkaian "Thamrin Olympiad & Cup VI (TOC)". Kompetisi tersebut
digelar sekolah negeri sains berasrama di Jakarta, SMANU MH Thamrin. Menurut
Coorporate Marketing Director Samsung Indonesia Jo Semidang, TOC sesuai dengan
visi Samsung untuk turut memotivasi generasi muda dalam
berinovasi.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Pemungut Kotoran Hewan" Juarai Kompetisi Robotik Samsung", https://tekno.kompas.com/read/2016/03/10/17263897/.Pemungut.Kotoran.Hewan.Juarai.Kompetisi.Robotik.Samsung.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Pemungut Kotoran Hewan" Juarai Kompetisi Robotik Samsung", https://tekno.kompas.com/read/2016/03/10/17263897/.Pemungut.Kotoran.Hewan.Juarai.Kompetisi.Robotik.Samsung.
*Even
lomba menguntungkan ?
publikasi
publikasi
*IRG
PKP Jakarta Islamic School
*Peserta
5 Negara
*Pemasukan
sponsor PEMDA DKI 100.000.000
*Pengeluaran
*Hadiah 37.000.000
*Hotel peserta luar negeri 10.000.000
*Perlengkapan
3.000.000
*Humas 20.000.000
*Panitia 5.000.000
*Gala Dinner 25.000.000
Hasil
5
media internasional
80
media lokal
*Ikut
lomba menguntungkan ?
finansial
finansial
*IRO
Australia 15 orang
*Pemasukan 400.000.000
*Dinas 100.000.000
*Bank DKI 50.000.000
*Jasa Marga 10.000.000
*Dll 90.000.000
*Sumbangan ortu 150.000.000
*Pengeluaran 350.000
*Selesai lomba surplus 50.000.000
*Ikut
lomba menguntungkan ?
finansial
finansial
*IISRO
Lombok
*Peserta
sekolah di jakarta
*Efisiensi 5.000.000
*Pengalaman
Kerja
*Tahun
2000 mendirikan usaha sekaligus menjadi direktur dibidang Teknologi Informasi
dengan bendera AS Web Technology, usaha ini bergerak dibidang pengembangan
piranti lunak untuk dunia pendidikan dan kesehatan.
*Tahun
2004-2006 bergabung pada PT
Pentaco, berkantor di Jl Warung Buncit Jakarta Selatan sebagai general manager
dan berhasil melahirkan sebuah program ISEE (Information System for Electronic
Education) yang telah dipakai oleh sekolah bergengsi tidak hanya di Jabodetabek
tapi sampai ke Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.
*Tahun
2004 bergabung pada Yayasan
Pondok Karya Pembangunan milik PEMDA DKI Jakarta dengan Tugas mengembangkan
media TIK disekolah
*Tahun
2005 mulai mengabdi sebagai Guru
TIK di Madrasah Tsanawiyah PKP Jakarta Islamic School
*Tahun
2007 dipercaya oleh Mabes POLRI
untuk dapat memberikan materi TIK tentang manajemen dan pengelolaan data
*Tahun
2008 mendirikan dan menjadi Ketua
Klub Robotik PKP Jakarta Islamic School
*Tahun
2009 bergabung dalam Rumah Ilmu
Indonesia untuk membantu pengembangan keilmuan Guru TIK se Indonesia
*Tahun
2010-2015 menjadi guru ROBOTIKA
di SMAN Unggulan MH Thamrin
*Tahun
2012 menjadi wakil kepala sekolah
bidang kurikulum
*Membina
tim Indonesia pada kegiatan robot
internasional antara lain;
o 2010,
IRO Australia o 2011,
IRO Indonesia
o 2011,
SRG Singapore o 2012,
WRO Malaysia
o 2013,
SRG Singapore o 2014,
SSG Singapore
o 2015,
ITRC Singapore o 2016,
ITRC Malaysia
o 2016,
IRG PKP Indonesia o 2017, IIUM Malaysia
o 2017, SRG Singapore o 2017, ORG Jepang
o 2018, IRTC Thailand o 2018 Malaysia
o 2017, SRG Singapore o 2017, ORG Jepang
o 2018, IRTC Thailand o 2018 Malaysia
*Kualifikasi
Profesional
*Anatta
Sannai lahir di Jakarta, 25 Agustus 1980 dengan latar pendidikan Sarjana
Geografi Universitas Negeri Jakarta lulus pada tahun 2006 dan Magister Manajemen
Pendidikan UNINDRA
*Seorang
Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Tsanawiyah PKP Jakarta
Islamic School sejak tahun 2005 dan pada tahun 2008 mendirikan dan menjadi
Ketua Klub Robotik PKP JIS.
*Aktif
membimbing siswa dari SD, SMP, SMA dan SMK mengikuti kejuaraan Robot sejak
tahun 2008 dengan berbagai prestasi tingkat nasional dan Internasional, serta
menjalin komunitas robotik antaralain ROCI, Klub Robotik G-COM (Fischertechnik)
dan Mikrobot (Lego Education)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar