Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama 
(SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) 
A. Latar Belakang 
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional 
peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang
studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, 
budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan,
berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan
serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa 
didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara
lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan
manusia 
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi 
kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan,
keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra 
Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan 
merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global. 
Dengan standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan,
kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil 
karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri; 
2. guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa 
peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3. guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan
kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta 
didiknya; 
4. orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program
kebahasaan daan kesastraan di sekolah; 
5. sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan
sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6. daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan
sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan 
kepentingan nasional. 
B. Tujuan 
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan 
sebagai berikut. 
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik
secara lisan maupun tulis 
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
dan bahasa negara 
3. Memahami bahasa 
berbagai tujuan 
4. Menggunakan bahasa 
kematangan emosional dan sosial
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan,
memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa 
6. Menghargai dan membanggakan sastra 
intelektual manusia 
C. Ruang Lingkup 
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan
berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan 
2. Berbicara 
3. Membaca 
4. Menulis. 
Pada akhir pendidikan di SMP/MTs, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya
15 buku sastra dan nonsastra.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar