Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama 
(SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) 
A. Latar Belakang
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan
teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan
memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi 
informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan
matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan 
matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan
diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. 
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai 
dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan
berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan
bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat 
memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi 
untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan
kompetitif. 
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika dalam dokumen ini 
disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan
tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan
kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan
mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel,
diagram, dan media lain. 
Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran
matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah
terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara
penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu
dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model 
matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya. 
Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai
dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). 
Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap
dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Untuk meningkatkan
keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan menggunakan teknologi 
informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga, atau media lainnya.
B. Tujuan
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan 
sebagai berikut. 
1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan 
mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan 
tepat, dalam pemecahan masalah 
2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi 
matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau 
menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, 
merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan 
solusi yang diperoleh
4. Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media 
lain untuk memperjelas keadaan atau masalah 
5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu 
memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari 
matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. 
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SMP/MTs meliputi 
aspek-aspek sebagai berikut. 
1. Bilangan 
2. Aljabar 
3. Geometri dan Pengukuran
4. Statistika dan Peluang. 
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar 
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi 
Komptensi Dasar 
Bilangan 
1. Memahami sifat-sifat 
operasi hitung bilangan 
dan penggunaannya 
dalam pemecahan
masalah
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dan pecahan
1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung 
bilangan bulat dan pecahan dalam
pemecahan masalah 
Aljabar
2. Memahami bentuk 
aljabar, persamaan dan 
pertidaksamaan linear
satu variabel 
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-
unsurnya 
2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar 
2.3 Menyelesaikan persamaan linear satu 
variabel 
2.4 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu 
variabel 
3. Menggunakan bentuk
aljabar, persamaan dan 
pertidaksamaan linear
satu variabel, dan 
perbandingan dalam
pemecahan masalah
3.1 Membuat model matematika dari masalah 
yang berkaitan dengan persamaan dan 
pertidaksamaan linear satu variabel 
3.2 Menyelesaikan model matematika dari 
masalah yang berkaitan dengan persamaan 
dan pertidaksamaan linear satu variabel 
3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam
pemecahan masalah aritmetika sosial yang 
sederhana
3.4 Menggunakan perbandingan untuk 
pemecahan masalah 
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi 
Kompetensi Dasar 
Aljabar
4. Menggunakan konsep
himpunan dan diagram
Venn dalam pemecahan 
masalah
4.1 Memahami pengertian dan notasi 
himpunan, serta penyajiannya 
4.2 Memahami konsep himpunan bagian 
4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, 
kurang (difference), dan komplemen pada
himpunan 
4.4 Menyajikan himpunan dengan diagram
Venn 
4.5 Menggunakan konsep himpunan dalam
pemecahan masalah
Geometri 
5. Memahami hubungan
garis dengan garis, garis 
dengan sudut, sudut 
dengan sudut, serta 
menentukan ukurannya 
5.1 Menentukan hubungan antara dua garis, 
serta besar dan jenis sudut 
5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk 
jika dua garis berpotongan atau dua garis 
sejajar berpotongan dengan garis lain 
5.3 Melukis sudut
5.4 Membagi sudut
6. Memahami konsep segi 
empat dan segitiga serta 
menentukan ukurannya
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga 
berdasarkan sisi dan sudutnya 
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat persegi 
panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, 
belah ketupat dan layang-layang 
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun 
segitiga dan segi empat serta 
menggunakannya dalam pemecahan 
masalah
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi,
garis berat dan garis sumbu
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Aljabar
1. Memahami bentuk aljabar, 
relasi, fungsi, dan 
persamaan garis lurus 
1.1 Melakukan operasi aljabar 
1.2 Menguraikan bentuk aljabar ke dalam
faktor-faktornya
1.3 Memahami relasi dan fungsi 
1.4 Menentukan nilai fungsi 
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar 
sederhana pada sistem koordinat Cartesius 
1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik 
garis lurus 
2. Memahami sistem persa-
maan linear dua variabel 
dan menggunakannya 
dalam pemecahan masalah
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua 
variabel 
2.2 Membuat model matematika dari masalah 
yang berkaitan dengan sistem persamaan 
linear dua variabel
2.3 Menyelesaikan model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear dua variabel dan 
penafsirannya 
Geometri dan Pengukuran
3. Menggunakan Teorema 
Pythagoras dalam
pemecahan masalah 
3.1 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk 
menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-
siku 
3.2 Memecahkan masalah pada bangun datar 
yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi 
Kompetensi Dasar 
Geometri dan Pengukuran
4. Menentukan unsur, 
bagian lingkaran serta 
ukurannya 
4.1 Menentukan unsur dan bagian-bagian 
lingkaran 
4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
4.3 Menggunakan hubungan sudut pusat,
panjang busur, luas juring dalam pemecahan 
masalah
4.4 Menghitung panjang garis singgung
persekutuan dua lingkaran
4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar 
suatu segitiga
5. Memahami sifat-sifat 
kubus, balok, prisma, 
limas, dan bagian-
bagiannya, serta 
menentukan ukurannya
5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, 
prisma dan limas serta bagian-bagiannya
5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma
dan limas 
5.3 Menghitung luas permukaan dan volume 
kubus, balok, prisma dan limas 
Kelas IX, Semester 1 
Standar Kompetensi 
Kompetensi Dasar 
Geometri dan Pengukuran
1. Memahami kesebangunan 
bangun datar dan 
penggunaannya dalam
pemecahan masalah 
1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun datar 
yang sebangun dan kongruen
1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga 
sebangun dan kongruen 
1.3 Menggunakan konsep kesebangunan 
segitiga dalam pemecahan masalah
2. Memahami sifat-sifat 
tabung, kerucut dan bola, 
serta menentukan
ukurannya
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, 
kerucut dan bola
2.2 Menghitung luas selimut dan volume 
tabung, kerucut dan bola 
2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan 
dengan tabung, kerucut dan bola 
Statistika dan Peluang
3. Melakukan pengolahan dan 
penyajian data
3.1 Menentukan rata-rata, median, dan modus 
data tunggal serta penafsirannya 
3.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan
diagram batang, garis, dan lingkaran
4. Memahami peluang
kejadian sederhana
4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan 
4.2 Menentukan peluang suatu kejadian 
sederhana
Kelas IX, Semester 2 
Standar Kompetensi 
Kompetensi Dasar 
Bilangan 
5. Memahami sifat-sifat 
bilangan berpangkat dan 
bentuk akar serta 
penggunaannya dalam
pemecahan masalah 
sederhana
5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan 
berpangkat dan bentuk akar 
5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan 
bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
5.3 Memecahkan masalah sederhana yang 
berkaitan dengan bilangan berpangkat dan 
bentuk akar 
6. Memahami barisan dan
deret bilangan serta 
penggunaannya dalam
pemecahan masalah 
6.1 Menentukan pola barisan bilangan sederhana 
6.2 Menentukan suku ke-n barisan aritmatika
dan barisan geometri
6.3 Menentukan jumlah n suku pertama deret
aritmatika dan deret geometri
6.4 Memecahkan masalah yang berkaitan 
dengan barisan dan deret 
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian. 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar