Minggu, 17 Februari 2008

teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mts/smp

Latar Belakang

 

Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.

 

Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini

mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan

tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.

 

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diajarkan sebagai salah satu mata

pelajaran Keterampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau

bersama-sama dengan mata pelajaran keterampilan lainnya. Alokasi waktu pembelajarannya secara keseluruhan untuk jenjang SMP/MTs adalah 72 jam pelajaran

untuk selama 3 tahun, atau ekivalen dengan 2 jam pelajaran per minggu untuk waktu 1

tahun jika mata pelajaran ini dibelajarkan secara terpisah dan mandiri

 

Tujuan belajar TIK

 

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta

didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Memahami teknologi informasi dan komunikasi
  2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
  3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
  4. Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Ruang Lingkup

 

Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-

aspek sebagai berikut.

  1. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
  2. Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar