Selasa, 15 Mei 2018

Meningkatkan Eksistensi SMK Dalam Dunia Robotik



Meningkatkan Eksistensi SMK Dalam Dunia Robotik
Anatta Sannai
General Secretary IRTC
International Robotic Training and Competition

*Generasi Pemenang
Pendahuluan
Bahwa sesungguhnya masyarakat Indonesia pada umumnya dan pelajar, dan kaum intelektual pada khususnya memiliki peran dalam perjuangan pembangunan bangsa dan negara yang mencita-citakan kebenaran, keadilan, dan kesejahteraan yang diridhai Tuhan Yang Maha Esa.
Kami mengkhususkan diri dalam menggeluti pendidikan, penataran, pelatihan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Robotika berkewajiban menjalankan perannya dalam mencerdaskan dan memasyarakatkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang Robotika demi mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa Indonesia
Sadar akan peran, fungsi, dan kewajibannya sebagai bagian dari anak bangsa, maka kami bertekad untuk belajar, berkarya, dan berjuang dengan dilandasi oleh rasa pengabdian dan tanggung jawab kepada Tuhan, bangsa, dan negara.
*Latar Belakang
Kurangnya peserta lomba robotik dari SMK (pengalaman pribadi)
Sedikit workshop dari SMK untuk kegiatan robotik
Adanya kekaguman (pengalaman pribadi) bahwa robot hasil karya siswa SMK adalah buatan sendiri
Potensi untuk menjadi juara dalam kompetisi robot di Indonesia sangat besar dimenangkan oleh siswa SMK
*Noted : pengalaman pribadi tanpa statistik
 
*Robot
Kamus Bahasa Indonesia tidak ada pengertian robot, yang ada hanya kata
  Robotika yang berarti ilmu tentang mesin robot. 
Kamus Oxford diperoleh pengertian robot adalah
  A machine capable of carrying out a complex series of actions automatically, especially one programmed by a computer
  yang artinya :
  Sebuah mesin yang mampu melaksanakan serangkaian tindakan kompleks secara otomatis, terutama yang diprogram oleh komputer.
 
*KOMPONEN DASAR ROBOTIKA
Manipulator
Mekanik
Penyangga gerakan ( appendage)
Base (pondasi / landasan robot)
Controler
Jantung dari robot untuk mengontrol (MP, RAM, ROM, Sensor dll).
Power Supply
Sumber tenaga yang dibutuhkan oleh robot, dapat berupa energi listrik, energi tekanan cairan ( hidrolik ), atau energi tekanan udara ( Pneumatik ).
End Effector
Untuk memenuhi kebutuhan dari tugas robot atau si pemakai.
* Tujuan IRTC
Kegiatan ini adalah acara untuk ilmu pengetahuan, teknologi dan pendidikan yang bertujuan untuk menawarkan komunitas robotik kesempatan untuk memperluas cakrawala mereka dengan merancang dan membangun model robot dan menjelajahi dunia robot.
IRTC terbuka lebar bagi keajaiban sains semua tingkatan sekolah.  
*Untuk Mencari solusi untuk masalah pengembangan robot  
*Untuk Menyediakan acara kreatif dalam sains dan teknologi
*Untuk ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendorong visi generasi muda
*Untuk memberikan kesempatan untuk berbagi ide dan membangun persahabatan
KETERAMPILAN PROMOSI dalam Berkompetisi
Proaktif pada isu-isu keterampilan dengan terus-menerus mempengaruhi agenda sekarang.
Aktifkan jaringan dari mulut ke mulut, media sosial, acara, dan lainnya.
Jadilah bagian dari percakapan dalam pengembangan kebijakan di berbagai daerah.
Menjadi otoritas dalam pengembangan keterampilan dan keunggulan di seluruh dunia sebagai pusat kekuatan dan sumber informasi.
Bekerja bersama dengan pendidik, pembuat kebijakan, industri, dan organisasi lain untuk mendefinisikan kembali nilai dan meningkatkan daya tarik keterampilan.
Advokasi kebutuhan, nilai, dan hasil kerja terampil dan pelatihan profesional untuk orang muda sehingga industri, wilayah, dan negara akan berkembang dalam ekonomi global
Sumber world skill
Pentingnya kompetisi
Perlunya Kompetisi keterampilan berlangsung setiap saat dan merupakan acara pendidikan kejuruan dan keterampilan  yang benar-benar mencerminkan industri global.
Pesaing mewakili yang berjenjang dari tingkat sekolah, kota, provinsi dan nasional dari berbagai daerah.
Mereka menunjukkan kemampuan teknis baik secara individu maupun kolektif untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu yang mereka pelajari dan / atau lakukan.
Salah satu warisan utama lomba keterampilan adalah memberikan visibilitas dan pentingnya pendidikan profesional, sebagai salah satu alat transformasi sosioekonomi yang sesungguhnya.
Kompetisi ini juga memberikan para pemimpin di industri, pemerintah dan pendidikan dengan kesempatan untuk bertukar informasi dan praktik terbaik mengenai industri dan pendidikan profesional. Ide-ide dan proses baru menginspirasi anak-anak usia sekolah untuk mendedikasikan diri mereka sendiri untuk karir teknis dan teknologi dan menuju masa depan yang lebih baik
*KOMPETISI KETERAMPILAN
Sekolah
Industri
Media masa
Pemerintah
Bersinergi membuat business matching program.
Karya siswa dipamerkan untuk diliput media masa lalu dinilai oleh kalangan industri.
Karya siswa biasanya berupa prototype lalu diusahakan mendapatkan bantuan finansial untuk disempurnakan.
*BMP
Lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK bertajuk Indonesia ICT Award (INAICTA) akan menjadi binaan sejumlah perusahaan ternama.
"Pemenang yang mampu menghasilkan aplikasi tertentu dan berguna bagi sebuah perusahaan akan menjadi binaan perusahaan itu," kata Kepala Bagian Pemasaran MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia), Zen Rosdy Nur, di Jakarta, Selasa.
Ia mengatakan, pihaknya sedang terus mengembangkan kerja sama dengan banyak perusahaan ternama termasuk BUMN
*Kesesuaian Robotik dan Even World Skill
Mobile Robotics
Mechatronics
Prototype Modelling
Mobile Robotics
*Merancang, membangun, dan memelihara robot untuk memecahkan masalah di industri dari manufaktur hingga kedirgantaraan, penambangan hingga obat-obatan
*Banyak SMK di Indonesia yang punya VEX
*Yg biasa mengadakan lomba VEX adalah Universitas Maranatha Bandung
*Mechatronics
*Membangun sistem otomatis untuk industri menggunakan mekanika, elektronik, pneumatik, dan teknologi komputer.
*Prototype Modelling
*Membuat prototipe yang memungkinkan insinyur dan desainer untuk menguji, menilai, dan memodifikasi selama proses pengembangan produk.
*Event
*https://www.youtube.com/watch?time_continue=110&v=kt1NFu5oh-k
*Dinamika Lomba Robotik
Penyelenggara
1.Kampus
1.UGM   Technocorner
2.ITS  IARC
3.UPN  FIK fair
4.UI  COMFest
2.Sekolah
1.SMANU MHT Jakarta
2.SMAN 28 Jakarta
3.PKP JIS
3.Produsen
1.Fischertechnik  IMAGINE
2.LEGO  IRO
3.MRT  ISEF
4.Lembaga kursus
1.SARI (jakarta) sekolah robot indonesia
2.Sekolah robot (surabaya)
3.ROBOTA
4.Mechatron

*Even lomba menguntungkan ?
financial
*TOC (thamrin olimpiad cup) Prakiraan
*Kreatif, sumo dan maze solving
*Pemasukan
*150 peserta * pendaftaran 300.000 = 45.000.000
*Sponsor : samsung dll
*Pengeluaran
*Hadiah   : 18.000.000
*Juri   :   6.000.000
*Perlengkapan  :    2.000.000
*Administrasi  :        500.000
*Panitia  : 0
Selisih 45.000.000 – 26.500.000 = 18.500.000
*Sponsor acara robotik di Indonesia
*Samsung Indonesia ingin menciptakan ekosistem teknologi yang mumpuni di tanah air. Tak melulu di kancah perangkat mobile, tapi juga di ranah robotik dan peralatan rumah pintar (smarthome appliances). Baru-baru ini, pada 20 hingga 26 Februari 2016, Samsung terlibat dalam penyelenggaraan lomba robotik kreatif pada rangkaian "Thamrin Olympiad & Cup VI (TOC)". Kompetisi tersebut digelar sekolah negeri sains berasrama di Jakarta, SMANU MH Thamrin. Menurut Coorporate Marketing Director Samsung Indonesia Jo Semidang, TOC sesuai dengan visi Samsung untuk turut memotivasi generasi muda dalam berinovasi.

Artikel ini telah tayang di 
Kompas.com dengan judul ""Pemungut Kotoran Hewan" Juarai Kompetisi Robotik Samsung", https://tekno.kompas.com/read/2016/03/10/17263897/.Pemungut.Kotoran.Hewan.Juarai.Kompetisi.Robotik.Samsung

*Even lomba menguntungkan ?
publikasi
*IRG PKP Jakarta Islamic School
*Peserta 5 Negara
*Pemasukan sponsor PEMDA DKI 100.000.000
*Pengeluaran
*Hadiah   37.000.000
*Hotel peserta luar negeri   10.000.000
*Perlengkapan    3.000.000
*Humas  20.000.000
*Panitia    5.000.000
*Gala Dinner  25.000.000
Hasil
5 media internasional
80 media lokal
*Ikut lomba menguntungkan ?
finansial
*IRO Australia 15 orang
*Pemasukan 400.000.000
*Dinas  100.000.000
*Bank DKI    50.000.000
*Jasa Marga    10.000.000
*Dll    90.000.000
*Sumbangan ortu  150.000.000
*Pengeluaran 350.000
*Selesai lomba surplus 50.000.000
*Ikut lomba menguntungkan ?
finansial
*IISRO Lombok
*Peserta sekolah di jakarta
*Efisiensi 5.000.000
*Pengalaman Kerja
*Tahun 2000 mendirikan usaha sekaligus menjadi direktur dibidang Teknologi Informasi dengan bendera AS Web Technology, usaha ini bergerak dibidang pengembangan piranti lunak untuk dunia pendidikan dan kesehatan.
*Tahun 2004-2006 bergabung pada PT Pentaco, berkantor di Jl Warung Buncit Jakarta Selatan sebagai general manager dan berhasil melahirkan sebuah program ISEE (Information System for Electronic Education) yang telah dipakai oleh sekolah bergengsi tidak hanya di Jabodetabek tapi sampai ke Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.
*Tahun 2004 bergabung pada Yayasan Pondok Karya Pembangunan milik PEMDA DKI Jakarta dengan Tugas mengembangkan media TIK disekolah
*Tahun 2005 mulai mengabdi sebagai Guru TIK di Madrasah Tsanawiyah PKP Jakarta Islamic School
*Tahun 2007 dipercaya oleh Mabes POLRI untuk dapat memberikan materi TIK tentang manajemen dan pengelolaan data
*Tahun 2008 mendirikan dan menjadi Ketua Klub Robotik PKP Jakarta Islamic School
*Tahun 2009 bergabung dalam Rumah Ilmu Indonesia untuk membantu pengembangan keilmuan Guru TIK se Indonesia
*Tahun 2010-2015 menjadi guru ROBOTIKA di SMAN Unggulan MH Thamrin
*Tahun 2012 menjadi wakil kepala sekolah bidang kurikulum
*Membina tim Indonesia pada kegiatan robot internasional antara lain;
  o   2010, IRO Australia           o   2011, IRO Indonesia
  o   2011, SRG Singapore         o   2012, WRO Malaysia
  o   2013, SRG Singapore         o   2014, SSG Singapore
  o   2015, ITRC Singapore        o   2016, ITRC Malaysia
  o   2016, IRG PKP Indonesia  o   2017, IIUM Malaysia
  o   2017, SRG Singapore         o   2017, ORG Jepang
  o   2018, IRTC Thailand           o   2018 Malaysia
*Kualifikasi Profesional
*Anatta Sannai lahir di Jakarta, 25 Agustus 1980 dengan latar pendidikan Sarjana Geografi Universitas Negeri Jakarta lulus pada tahun 2006 dan Magister Manajemen Pendidikan UNINDRA
*Seorang Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Tsanawiyah PKP Jakarta Islamic School sejak tahun 2005 dan pada tahun 2008 mendirikan dan menjadi Ketua Klub Robotik PKP JIS.
*Aktif membimbing siswa dari SD, SMP, SMA dan SMK mengikuti kejuaraan Robot sejak tahun 2008 dengan berbagai prestasi tingkat nasional dan Internasional, serta menjalin komunitas robotik antaralain ROCI, Klub Robotik G-COM (Fischertechnik) dan Mikrobot (Lego Education)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar