Kamis, 05 Maret 2020

AKM -Assemen Kompetensi Minimal-

Dewan Guru MTs PKP sedang melaksanakan Assemen Kompetensi Minimal atau disebut AKM pada tanggal 4 Maret 2020 di ruang 2 Laboratorium Komputer MTs PKP. Kegiatan ini bertujuan sebagai pengenalan ujian pengganti Ujian Nasional pada tahun 2021.

Ibu Reni, guru matematika MTs PKP mengikuti AKM

Ada yang menarik pada model assesment atau penilaian ini. Jika pada model soal UN hanya terdiri dari soal pilihan ganda, akan tetapi pada AKM model soal berupa :
1. Esai
2. Pilihan setuju atau tidak disertai alasan
3. Pilihan ganda 1 jawaban
4. Pilihan ganda multi jawaban
5. Pilihan benar atau salah
Hal ini menjadi tantangan bagi guru agar merubah cara penilaian di kelas bersama siswa, jika sebelumnya mayoritas penilaian berupa pemahaman maka sekarang beralih ke analisis atau yang disebut juga soal HOTS (high order thinking skill).
Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Bapak Menteri @nadiemmakarrim :
Ujian Nasional(UN) akan digantikan dalam bentuk Asesmen Kompetensi Minimum, dan survei karakter. Asesmen ini menekankan pada kemampuan penalaran literasi dan numerik didasarkan pada praktik terbaik tes PISA. Berbeda dengan UN yang dilaksanakan di akhir jenjang pendidikan, asesmen ini akan dilaksanakan di kelas 4, 8, dan 11. Hasilnya diharapkan menjadi masukan bagi sekolah untuk memperbaiki proses pembelajaran selanjutnya sebelum peserta didik menyelesaikan pendidikannya.
**sannai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar