Senin, 14 November 2016

CARA MEMBUAT ROBOT BRUSHBOT YANG SEDERHANA DAN MURAH

Nah, kali ini kita akan menjelaskan mengenai bagaimana cara membuat robot sederhana dan murah serta tanpa program untuk pemula yang hanya membutuhkan waktu 5 menit saja, tidak percaya?
Ayo kita buktikan kebenarannya. Ikuti setiap langkah-langkah berikut ini dengan benar supaya hasil robotnya bekerja dengan baik.

BAHAN DAN ALAT MEMBUAT ROBOT

scienceatelier.wordpress.com
scienceatelier.wordpress.com
-Motor DC yang kecil untuk vibrator HP
-Sikat kecil (bisa dari sikat gigi yang dipotong)
-Baterai kancing, AAA, AAAA ataupun baterai arloji (1.5 V)
-Blu-tack ataupun cellotape
-Gunting dan kabel (jika motornya tidak berkabel)

LANGKAH-LANGKAH CARA MEMBUAT ROBOT

1. Langkah pertama, periksa motor. bila motor yang kamu punya tidak berkabel, pasang kabel pada tempatnya (biasanya berbentuk 2 plat logam kecil). Disarankan kabel tersebut disolder supaya kencang, tapi dapat juga ditempel dengan blu-tack atau cellotape.
scienceatelier.wordpress.com
scienceatelier.wordpress.com
2. Setelah motor telah mempunyai kabel, tempelkan motor di sikat dengan blu-tack. Dan jangan lupa, ujung kabelnya harus keluar.
3. Langkah selanjutnya, tempelkan juga baterai di sikat dengan memakai blu-tack. Atur supaya kabel dapat mencapai kedua kutub dari baterai.
scienceatelier.wordpress.com
scienceatelier.wordpress.com
4. Setelah itu, hubungkan kabel motor dengan baterai. Pastikan kabel-kabelnya terhubung dengan masing-masing kutub yang tepat. Motor dan sikat tersebut akan bergetar.
scienceatelier.wordpress.com
scienceatelier.wordpress.com
Letakkan robot di lantai atau meja. Robot kamu akan berjalan-jalan!
Gerakan robot dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti posisi baterai, panjang serta arah sikat, dan sebagainya. Atur-atur sepaya robot bisa bergerak seperti yang kamu inginkan. Kadang, bagian dari bulu sikat juga perlu dipotong. Hiasi juga robot kamu agar semakin garang ketika diadu.
Selamat bermain BrushBot-mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar