Senin, 14 November 2016

Cara Membuat Robot Sederhana Bagi Pemula

cara membuat robot sederhana bagi pemula


 Bagi sebagian orang, belajar elektronika sangat menyenangkan. Karena dengan ilmu elektronika, kita bisa membuat berbagai macam robot yang menarik. Ada banyak sekali jenis robot yang dapat dibuat jika kita memiliki ilmu elektronika, mulai dari robot sederhana sampai yang canggih.
Bagi para pemula, mungkin membuat robot sederhana bukan suatu hal yang sulit. Karena bahan dan rangkaiannya juga simpel. Salah satu jenis robot yang biasa dibuat untuk para pemulai adalah robot line follower atau robot line following. Prinsip kerja dari robot tersebut akan berjalan mengikut garis yang telah dibuat.
Robot ini menggunakan sensor cahaya berupa photo dioda. Sensor tersebut berperan sebagai pengenal garis gelap dan terang yang merupakan jalur dari robot itu sendiri. Robot line follower juga dapat dikembangkan menjadi lebih canggih lagi seperti robot pemadam kebakaran dan robot-robot lainnya.

Rangkaian Robot Line Follower Sederhana

Berikut ini adalah skema rangkaian robot sederhana line follower yang bisa anda tiru dan terapkan. Rangkaian ini cukup sederhana dan pastinya anda bisa membuatnya sendiri di rumah, tak peduli pemula ataupun yang sudah mahir. Penasaran? Langsung saja simak ulasan belajarelektronika.net berikut ini.
rangkaian robot line follower sederhana
Rangkaian robot sederhana ini menggunakan beberapa komponen elektronika dasar seperti LED, transistor, resistor, dan dua motor DC sebagai outputnya. LED digunakan sebagai sumber cahaya yang kemudian dipantulkan pada jalur robot. Kemudian pantulan tersebut diterima oleh photo dioda dan diteruskan ke transistor.
Besar kecilnya pantulan cahaya yang diterima oleh photo dioda tersebut akan mempengaruhi gerak dari motor DC yang menjadi penggerak utama dari robot line follower. Sensitifitas dari motor DC dapat diatur menggunakan variabel resistor yang terpasang dalam rangkaian.
sensor pada robot line follower
Demikian sedikit informasi mengenai cara membuat robot sederhana bagi pemula. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di ulasan yang tak kalah menarik lainnya. Dan bagikan artikel ini kepada teman-teman anda bila bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar