Senin, 14 November 2016

Membuat Remote Tv Menjadi Remote Mobil-mobilan

Membuat remote Tv menjadi remote mobil-mobilan ternyata bisa dilakukan jika anda bisa sedikit berkreasi terhadap alat remote Tv yang sudah rusak. Apabila di rumah ada remote Tv yang sudah tidak terpakai dan kebetulan anda memerlukan remote mobil-mobilan, coba saja membuatnya dengan cara mengikuti langkah-langkah yang akan kami bagikan pada artikel ini.



Informasi mengenai cara membuat remote Tv menjadi remote mobil-mobilan ini, didapatkan dari salah seorang teman yang berhasil membuat remote tersebut karena mainan mobil anaknya yang baru saja ia beli mengalami kerusakan. Untuk dapat membuat mobil-mobilan berfungsi kembali, ia memutuskan untuk memanfaatkan remote Tv rusak yang ada di rumahnya. Nah… bagaimana langkah pembuatannya, mari segera kita simak!

Langkah Pertama Membuat Remote Tv Menjadi Remote Mobil-Mobilan

Langkah pertama yang dilakukan seorang teman ini, untuk memudahkan saat proses perakitan komponen remote, maka ia melakukan desain gambar terlebih dahulu. Rangkaian kontrol motor dibuat sedemikian rupa dengan menyesuaikan berbagai komponen yang digunakan. 
Desain gambar untuk rangkaian komponen perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam proses perakitan komponen, selain itu dengan adanya desain gambar akan diketahui apa saja bahan yang dipakai nantinya.

Langkah Kedua Membuat Remote Tv Menjadi Remote Mobil-Mobilan

Setelah desain gambar rangkaian komponen remote mobil-mobilan selesai dibuat dan sudah diketahui apa saja bahan yang dibutuhkan, maka selanjutnya adalah menyiapkan bahan tersebut. Untuk membuat remote Tv menjadi remote mobil-mobilan, diperlukan komponen sebagai berikut:
-          IC L293D
-
style="font-size: 7pt; font-stretch: normal;">          IC Atmega 328
-          Sensor Infra Red Tosp
-          Software Arduino IDE
Apabila dirumah anda tidak ada bahan-bahan yang disebutkan di atas, anda bisa mencarinya di toko bahan elektronik. Jika semua bahan sudah tersedia maka selanjutnya masuk ke tahap perakitan komponen.

Langkah Ketiga Membuat Remote Tv Menjadi Remote Mobil-Mobilan

Lakukan perakitan komponen secara hati-hati dan buatlah sesuai dengan desain gambar. Jika perlu melakukan solder saat proses merakit komponen, pastikan untuk menggunakan soket untuk bahan IC, ini untuk mencegah soket agar tidak terkena efek panas secara berlebihan dari solder yang sedang digunakan. Setelah semua komponen berhasil dipasang, lanjutkan dengan pemograman.

Langkah Keempat Membuat Remote Tv Menjadi Remote Mobil-Mobilan

Usai membuat hardware remote mobil-mobilan, selanjutnya membuat program. Untuk program yang dibuat oleh teman, ia menggunakan software Arduino IDE, sedangkan untuk board arduino yang digunakan adalah jenis board arduino UNO R3.

Lanjutkan proses pemograman dengan memasukkan sketch menggunakan Arduino IDE, hal ini berfungsi untuk memudahkan cek kode tombol remote TV. Jika sketch sudah dimasukkan, tekan tombol tool lalu serial monitor di software Arduino IDE, tekan tombol remote serta arahkan pada sensor IR. Di layar akan terlihat tampilan kode tombol remote yang sudah ditekan. Jangan lupa untuk mencatat kode tersebut lalu masukkan ke dalam sketch ke dua.

Lakukan uji coba terlebih dahulu pada board arduino UNO R3. Selesai uji coba, lanjutkan dengan pemasangan IC di Sysmin yang telah dibuat sendiri. Sampai tahap ini, rangkaian komponen yang telah dibuat dan diuji siap untuk digunakan. Untuk tenaga baterai, anda bisa gunakan sesuai kebutuhan.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba membuat sendiri? semoga ulasan tentang cara membuat remote Tv menjadi remote mobil-mobilan yang sudah kami bagikan dapat menambah wawasan dan informasi bagi anda. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga tuntas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar