Rabu, 25 Juni 2008

Tentang matematika smp

Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama

(SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

A. Latar Belakang

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan

teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan

memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi

informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan

matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan

matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan

diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.

Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai

dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan

berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan

bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat

memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi

untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan

kompetitif.

Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika dalam dokumen ini

disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan

tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan

kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan

mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel,

diagram, dan media lain.

Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran

matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah

terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara

penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu

dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model

matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.

Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai

dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem).

Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap

dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Untuk meningkatkan

keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan menggunakan teknologi

informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga, atau media lainnya.

B. Tujuan

Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan

sebagai berikut.

1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan

mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan

tepat, dalam pemecahan masalah

2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi

matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau

menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika

3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah,

merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan

solusi yang diperoleh

4. Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media

lain untuk memperjelas keadaan atau masalah

5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu

memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari

matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

C. Ruang Lingkup

Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SMP/MTs meliputi

aspek-aspek sebagai berikut.

1. Bilangan

2. Aljabar

3. Geometri dan Pengukuran

4. Statistika dan Peluang.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII, Semester 1

Standar Kompetensi

Komptensi Dasar

Bilangan

1. Memahami sifat-sifat

operasi hitung bilangan

dan penggunaannya

dalam pemecahan

masalah

1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat

dan pecahan

1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung

bilangan bulat dan pecahan dalam

pemecahan masalah

Aljabar

2. Memahami bentuk

aljabar, persamaan dan

pertidaksamaan linear

satu variabel

2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-

unsurnya

2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar

2.3 Menyelesaikan persamaan linear satu

variabel

2.4 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu

variabel

3. Menggunakan bentuk

aljabar, persamaan dan

pertidaksamaan linear

satu variabel, dan

perbandingan dalam

pemecahan masalah

3.1 Membuat model matematika dari masalah

yang berkaitan dengan persamaan dan

pertidaksamaan linear satu variabel

3.2 Menyelesaikan model matematika dari

masalah yang berkaitan dengan persamaan

dan pertidaksamaan linear satu variabel

3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam

pemecahan masalah aritmetika sosial yang

sederhana

3.4 Menggunakan perbandingan untuk

pemecahan masalah

Kelas VII, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Aljabar

4. Menggunakan konsep

himpunan dan diagram

Venn dalam pemecahan

masalah

4.1 Memahami pengertian dan notasi

himpunan, serta penyajiannya

4.2 Memahami konsep himpunan bagian

4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan,

kurang (difference), dan komplemen pada

himpunan

4.4 Menyajikan himpunan dengan diagram

Venn

4.5 Menggunakan konsep himpunan dalam

pemecahan masalah

Geometri

5. Memahami hubungan

garis dengan garis, garis

dengan sudut, sudut

dengan sudut, serta

menentukan ukurannya

5.1 Menentukan hubungan antara dua garis,

serta besar dan jenis sudut

5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk

jika dua garis berpotongan atau dua garis

sejajar berpotongan dengan garis lain

5.3 Melukis sudut

5.4 Membagi sudut

6. Memahami konsep segi

empat dan segitiga serta

menentukan ukurannya

6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga

berdasarkan sisi dan sudutnya

6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat persegi

panjang, persegi, trapesium, jajargenjang,

belah ketupat dan layang-layang

6.3 Menghitung keliling dan luas bangun

segitiga dan segi empat serta

menggunakannya dalam pemecahan

masalah

6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi,

garis berat dan garis sumbu

Kelas VIII, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Aljabar

1. Memahami bentuk aljabar,

relasi, fungsi, dan

persamaan garis lurus

1.1 Melakukan operasi aljabar

1.2 Menguraikan bentuk aljabar ke dalam

faktor-faktornya

1.3 Memahami relasi dan fungsi

1.4 Menentukan nilai fungsi

1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar

sederhana pada sistem koordinat Cartesius

1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik

garis lurus

2. Memahami sistem persa-

maan linear dua variabel

dan menggunakannya

dalam pemecahan masalah

2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua

variabel

2.2 Membuat model matematika dari masalah

yang berkaitan dengan sistem persamaan

linear dua variabel

2.3 Menyelesaikan model matematika dari

masalah yang berkaitan dengan sistem

persamaan linear dua variabel dan

penafsirannya

Geometri dan Pengukuran

3. Menggunakan Teorema

Pythagoras dalam

pemecahan masalah

3.1 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk

menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-

siku

3.2 Memecahkan masalah pada bangun datar

yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras

Kelas VIII, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Geometri dan Pengukuran

4. Menentukan unsur,

bagian lingkaran serta

ukurannya

4.1 Menentukan unsur dan bagian-bagian

lingkaran

4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran

4.3 Menggunakan hubungan sudut pusat,

panjang busur, luas juring dalam pemecahan

masalah

4.4 Menghitung panjang garis singgung

persekutuan dua lingkaran

4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar

suatu segitiga

5. Memahami sifat-sifat

kubus, balok, prisma,

limas, dan bagian-

bagiannya, serta

menentukan ukurannya

5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok,

prisma dan limas serta bagian-bagiannya

5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma

dan limas

5.3 Menghitung luas permukaan dan volume

kubus, balok, prisma dan limas

Kelas IX, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Geometri dan Pengukuran

1. Memahami kesebangunan

bangun datar dan

penggunaannya dalam

pemecahan masalah

1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun datar

yang sebangun dan kongruen

1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga

sebangun dan kongruen

1.3 Menggunakan konsep kesebangunan

segitiga dalam pemecahan masalah

2. Memahami sifat-sifat

tabung, kerucut dan bola,

serta menentukan

ukurannya

2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung,

kerucut dan bola

2.2 Menghitung luas selimut dan volume

tabung, kerucut dan bola

2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan

dengan tabung, kerucut dan bola

Statistika dan Peluang

3. Melakukan pengolahan dan

penyajian data

3.1 Menentukan rata-rata, median, dan modus

data tunggal serta penafsirannya

3.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan

diagram batang, garis, dan lingkaran

4. Memahami peluang

kejadian sederhana

4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan

4.2 Menentukan peluang suatu kejadian

sederhana

Kelas IX, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Bilangan

5. Memahami sifat-sifat

bilangan berpangkat dan

bentuk akar serta

penggunaannya dalam

pemecahan masalah

sederhana

5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan

berpangkat dan bentuk akar

5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan

bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar

5.3 Memecahkan masalah sederhana yang

berkaitan dengan bilangan berpangkat dan

bentuk akar

6. Memahami barisan dan

deret bilangan serta

penggunaannya dalam

pemecahan masalah

6.1 Menentukan pola barisan bilangan sederhana

6.2 Menentukan suku ke-n barisan aritmatika

dan barisan geometri

6.3 Menentukan jumlah n suku pertama deret

aritmatika dan deret geometri

6.4 Memecahkan masalah yang berkaitan

dengan barisan dan deret

E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk

mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator

pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan

pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar

Penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar